Syarat Sertifikasi Dosen Tahun 2013

Tuesday, February 26th 2013. | Catatan, Setifikasi

logo tutwuri handayani Syarat Sertifikasi Dosen Tahun 2013Syarat sertifikasi dosen tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi tanggal 26 Desember 2012 adanya perubahan syarat pada portofolio dosen yang perubahan syarat setifikasi dosen tahun 2013 diantaranya ada tiga hal adalah (1) Dokumen/sertifikat kemampuan berbahasa Inggris, (2) Dokumen/sertifikat hasil tes potensi akademik (TPA), dan (3) Karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah/nasional/international.

Untuk memenuhi syarat tersebut kayaknya dosen perlu kerja lebih keras untuk dapat melengkapi syarat sertifikasi dosen tahun2013, sayarat peserta serdos jelas lebih berat dari pada syarat sertifikasi dosen sebelumnya. Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 2009, sertifikasi pendidik untuk dosen dilaksanakan melalui uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik. Uji kompetensi ini dilakukan dalam bentuk penilaian portofolio, yang merupakan penilaian pengalaman akademik dan profesional dengan menggunakan portofolio dosen.

Dengan munculnya kebijakan baru tentang syarat sertifikasi dosen tahun 2013  akan semakin menambah berat, dan perlu untuk di penuhi jika ingin lolos sertifikasi. Dengan munculnya surat tersebut mau tidak mau dosen harus menambah kemampuanya dalam berbahasa Inggris, hal ini dapat di siasati dengan mengikuti kursus bahasa Inggris bagi yang merasa kemampuanya perlu ditingkatkan untuk memenuhi syarat sertifikasi dosen 2013 dengan alternatif mengikuti kursus bahasa inggris online yang dapat di akses pada LINK INI, yang dengan kesibukan dan jarak dapat tetap mengikuti kursus.

Dosen meski rajin melakukan penelitianya dan menulis karya ilmiah, yang tentunya akan berimbas pada semakin meningkatnya kualitas keilmuan bagi para pengajar yang tentunya akan semakin memiliki kualitas baik untuk para mahasiswanya. Dosen di tuntut untuk dapat memproduksi ilmu pengetahuan dan tidak hanya sebagai konsumen pengetahuan ketika tugasnya hanya sebagai pengajar saja dan tidak pernah melakukan penelitian.

Dengan syarat sertifikasi dosen tahun 2013 yang mengharuskan mempublikasikan karya ilmiah pada protal jurnal ilmiah nasional/Internasional tentunya akan semakin mengetatkan kualitas seorang dosen. Dikarenakan ketika karya ilmiah seoran dosen yang dipublikasikan ternyata mengandung unsur plagiat tentunya akan semakin membuat malu dosen secara pribadi maupun institusi, dan sanksi bagi plagiator juga dapat digolongkan pada kasus kriminal. Sehingga kehati-hatian dan ketantnya ukuran kualitas akan menggiring kearah dosen yang ideal sebagai pengajar, peneliti, dan penyebar keilmuan di tengah masyarakat secara luas.

Syarat sertifikasi dosen tahun 2013 yang semakin ketat mudah-mudahan akan berimbas baik pada sekala kecil maupun sekala luas dalam bidang pendidikan di Indonesia. Sehingga Mutu Pendidikan Indosesia akan semakin berkembang kearah kemajuan.  Semoga para dosen tidak hanya meningkatkan kualitas keilmuanya hanya untuk memenuhi syarat sertifikasi dosen tahun 2013 tetapi dapat berakibat baik bagi anak didiknya.

Sekiaan coretan Syarat sertifikasi dosen tahun 2013 dari InfoKampusOnline.com. semoga dosen yang mengikuti sertifikasi dosen tahun 2013 dapat memenuhi syarat sertifikasi dosen tahun 2013 dengan merasa mudah.