Pendagogi merupakan salah satu seni, ilmu, atau metodelogi pengajaran sang guru kepada anak didikanya. Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar. Sehubungan dengan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Salah satu contohnya adalah aliran pemikiran Sokrates.

Kata “pedagogi” berasal dari Bahasa Yunani kuno (paidag?ge?; dari país:anak dan  ági: membimbing; secara literal berarti “membimbing anak”).Dalam perkembangannya pedagogi sering dimaknai sebagai pendidikan/ilmu mendidik (ilmu mendidik anak yang belum dewasa), sedangkan mendidik/ilmu mendidik orang dewasa disebut andragogi. Meskipun demikian penggunaan istilah pedagogi sering dimaksudkan sebagai pendidikan dalam arti umum/luas (Education) tanpa membedakan tingkatan usia kematangan seseorang.
Pedagogi memiliki konsep belajar yang “Teacher – Centered” yang artinya dimana guru lah yang menjadi sumber dari segala informasi yang ada, guru lah yang bertugas memasukkan informasi itu ke dalam pikiran siswa dan siswa biasanya bersifat pasif. Pedagogi juga memiliki cakupan yang sangat luas karena memang didalamnya terdapat keseluruhan konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut, dimana didalamnya terdapat psikologi pendidikan.
Pendidikan model pedagogi adalah seni atau pengetahuan membimbing atau mengajar anak dimana pada umumnaya sang anak masih memerlukan bimbingan dan pengarahan dengan sepenuhnya. Dalam pola pengajaran dengan metode pedagogi guru dianggap sebagai sumber dari semua pengetahuan dan murid menjadi subjeh atas materi pembelajaran. Guru menjadi pengantar kepada anak untuk membimbing bagaimana cara berfikir dan memecahkan permasalahan yang dialami.